Akses Asuransi Digital Kini Makin Mudah Praktis

Akses Asuransi Digital Kini Makin Mudah Praktis
Akses Asuransi Digital Kini Makin Mudah Praktis

JAKARTA - Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar dalam berbagai sektor, termasuk industri asuransi. Salah satu perusahaan yang berhasil memanfaatkan kemajuan teknologi ini adalah PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Dengan strategi pemasaran berbasis data dan pendekatan digital yang kuat, Prudential Indonesia meraih dua penghargaan prestisius pada ajang Marketeers OMNI Brands of The Year 2025, yakni dalam kategori Marketing Technology Platform dan Breakthrough Product Campaign.

Pencapaian ini menjadi bukti nyata komitmen perusahaan dalam menyelaraskan layanan asuransi dengan kebutuhan masyarakat modern yang semakin akrab dengan dunia digital. Penerapan teknologi pemasaran (Marketing Technology/MarTech) tidak hanya memudahkan distribusi produk, tapi juga mendekatkan perusahaan kepada calon nasabah secara lebih efisien.

Dalam kesempatan tersebut, Karin Zulkarnaen selaku Chief Customer & Marketing Officer Prudential Indonesia menyampaikan, “Kami percaya bahwa teknologi bukan untuk menggantikan peran manusia, tapi memperkuatnya. Melalui MarTech, kami membantu calon nasabah untuk terhubung dengan tenaga pemasar kami. Proses ini memudahkan calon nasabah yang membutuhkan konsultasi dan informasi untuk mengakses produk asuransi melalui tenaga pemasar Prudential Indonesia.”

Baca Juga

BSI Wujudkan Dampak Sosial Lewat Keuangan Islam

Salah satu teknologi utama yang dikembangkan Prudential Indonesia dalam penerapan MarTech adalah platform distribusi calon nasabah yang dikenal dengan nama PRULeads. Teknologi ini memungkinkan perusahaan untuk menghubungkan lebih dari 350.000 calon nasabah dengan tenaga pemasar, sesuai lokasi masing-masing.

Cara kerjanya pun sederhana. Calon nasabah yang tertarik dengan produk asuransi dapat mengisi data seperti email dan nomor telepon di situs resmi prudential.co.id. Data tersebut akan diproses oleh PRULeads yang kemudian menghubungkan calon nasabah tersebut dengan tenaga pemasar dari kota yang sama. Dengan begitu, proses konsultasi menjadi lebih cepat dan personal.

Akses ini sepenuhnya tanpa biaya dan tersedia luas melalui berbagai iklan digital di media sosial serta di situs-situs rekanan. Saat calon nasabah melihat iklan dan mengkliknya, mereka diarahkan untuk meninggalkan nomor telepon yang dapat dihubungi. Dari titik ini, sistem PRULeads akan mengatur koneksi antara nasabah dan tenaga pemasar Prudential Indonesia, sehingga nasabah dapat memperoleh layanan konsultasi dan penyesuaian produk sesuai kebutuhan masing-masing.

Strategi distribusi berbasis teknologi ini tidak hanya terbatas pada koneksi awal dengan nasabah, namun diperkuat dengan pemasaran omnichannel. Salah satu kampanye yang dijalankan adalah kampanye PRUWell, produk asuransi kesehatan terbaru dari Prudential. Kampanye ini dirancang dengan pendekatan omnichannel 360 derajat, menggabungkan strategi digital marketing, aktivitas komunitas, dan edukasi publik.

Beberapa inisiatif dalam kampanye PRUWell meliputi pelaksanaan event olahraga PRUActive yang digelar di berbagai kota besar, kolaborasi dengan kreator konten di media sosial, hingga penyebaran artikel edukatif di berbagai platform digital. Kampanye ini tidak hanya memperkenalkan produk, tetapi juga membangun keterlibatan masyarakat dengan cara yang lebih relevan dan inklusif. Hal ini tercermin dalam tingginya antusiasme masyarakat yang berbagi pengalaman mereka menggunakan tagar #Pruteksi di akun Instagram resmi Prudential Indonesia.

Pendekatan menyeluruh ini terbukti efektif dalam mendukung pencapaian bisnis Prudential Indonesia. Selain meningkatkan pengalaman dan loyalitas nasabah, kampanye PRUWell memberikan kontribusi signifikan terhadap penjualan produk baru. Bahkan, produk tersebut menyumbang 38% dari total nasabah baru Prudential Indonesia sepanjang tahun 2024.

Tak hanya itu, pencapaian ini juga memperkuat posisi Prudential Indonesia sebagai pemimpin di kategori asuransi jiwa dan kesehatan. Data menunjukkan bahwa merek ini berhasil meraih posisi teratas dalam Top of Mind Brand Awareness, baik untuk asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa, yang membuktikan efektivitas strategi pemasaran digital mereka.

Dalam pernyataannya, Karin juga menegaskan pentingnya teknologi sebagai alat untuk memperluas inklusi keuangan dan perlindungan asuransi. “Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Prudential Indonesia. Melalui teknologi, kami ingin meningkatkan pemilikan asuransi bagi masyarakat, melayani masyarakat dengan mempermudah akses ke produk Prudential Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh, keberhasilan ini tak lepas dari komitmen jangka panjang perusahaan dalam menghadirkan solusi yang relevan, mudah diakses, dan berfokus pada kebutuhan nasabah. Sebagai bagian dari grup internasional Prudential plc, perusahaan ini telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1995 dan terus berkembang dengan pendekatan lokal yang kuat.

Prudential Indonesia juga memiliki struktur distribusi yang luas di tanah air.  Mereka mengoperasikan kantor pusat di Jakarta, dengan lima kantor pemasaran regional di Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Medan. Selain itu, terdapat 309 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) serta lebih dari 80.000 tenaga pemasar dan mitra bisnis yang telah tersertifikasi.

Dengan jaringan yang luas, teknologi yang mumpuni, dan strategi yang adaptif, Prudential Indonesia menegaskan posisinya sebagai pelopor transformasi digital di industri asuransi. Inovasi dan penghargaan yang diraih menjadi motivasi untuk terus meningkatkan layanan serta memperluas jangkauan kepada masyarakat yang lebih luas, terutama generasi muda yang melek digital dan membutuhkan akses cepat terhadap perlindungan finansial yang terpercaya.

Sindi

Sindi

navigasi.co.id adalah media online yang menyajikan berita sektor energi dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Hutama Karya Perkuat Sinergi dengan Media Riau

Hutama Karya Perkuat Sinergi dengan Media Riau

KAI Commuter Pastikan Perbaikan Jalur KRL Lancar

KAI Commuter Pastikan Perbaikan Jalur KRL Lancar

Jepang Tingkatkan Kewaspadaan Panas Ekstrem 2025

Jepang Tingkatkan Kewaspadaan Panas Ekstrem 2025

BMKG Umumkan Luasan Musim Kemarau di Indonesia

BMKG Umumkan Luasan Musim Kemarau di Indonesia

Kreator Lokal Ramaikan Sektor Otomotif Nasional

Kreator Lokal Ramaikan Sektor Otomotif Nasional